Polisi Bongkar Pabrik Uang Palsu Senilai Rp 4,6 Miliar di Sleman

Polisi Bongkar Pabrik Uang Palsu Senilai Rp 4,6 Miliar di Sleman – Polisi membuka pabrik uang palsu sejumlah Rp 4,6 miliar di Sleman. Produksi uang palsu dari pabrik ini di jual di Lampung serta Mojokerto.

“Di jual ke Lampung 280 juta, Mojokerto 70 juta, itu waktu produksi di Pati, penjualannya perbandingan 1 uang asli 5 uang palsu. Tetapi ini masih tetap didalami karenanya baru hanya keterangannya saja,” tutur Kapolsek Godean, Kompol Herry Suryanto dalam jumpa wartawan di kantornya, Selasa (19/3/2019).

Selain itu, salah seseorang terduga HS (39) berkelit nekat menghasilkan upal sebab terlilit utang. Ia tidak menuturkan dengan detil upal produksinya di Sleman ini akan disebarkan di lokasi manakah saja.

“Saya miliki utang,” akunya singkat.

Tidak hanya HS, ada tiga orang yang lain yang ditangkap polisi yaitu IK (36), EY (61) serta NY (67).

Muncul pertanyaan dari mass media adakah pihak pemesan serta apakah sebab aspek mendekati Pemilu 2019, yang membuat beberapa terduga menghasilkan upal sejumlah miliaran itu.

“Belumlah ada pernyataan mengarah sana (pemesan serta aspek mendekati Pemilu), sebab yang di Sleman ini baru produksi. Ini masih tetap didalami penyidik,” kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto.